Tuesday, May 5, 2020

CONTOH SOAL PSIKOTES TES KEPRIBADIAN EPPS


PREDIKSI SOAL PSIKOTES AKPOL & BINTARA 
PENERIMAAN POLRI 2020

TES KEPRIBADIAN EPPS  ( Edwars Personal Preference Schedule)


Tes EPPS adalah tes kepribadian yang diturunkan dari teori H.A Murray yang mengukur tingkat individu dalam 15 kebutuhan dan motivasi umum. Dalam tes EPPS ini tak ada jawaban yang benar dan jawaban yang salah. Tes ini merupakan tes untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi.  Terkadang soal akan mengalami perulangan di beberapa nomor sehingga inilah yang menjadikan tes ini memiliki karakter tersendiri .

Contoh soal :
a. saya suka menolong teman-teman saya, bila mereka dalam kesulitan.
b. saya ingin melakukan pekerjaaan apa saja sebaik mungkin

jawab :
-          Jika anda memilih pernyataan pertama, maka pilihlah “a”
-          Jika anda memilih pernyataan kedua, maka pilihlah “b”

Pilihan diatas bukan merupakan pernyataan “benar/salah”. Setiap pilihan anda selanjutnya akan dinilai oleh panitia untuk mendapatkan gambaran tentang diri anda.
Dari penjelasan dan contoh soal diatas, mari kita perdalam lagi belajarnya mengenai tes EPPS ini silahkan kamu jawab sesuai dengan karakter kamu


SOAL TES EPPS
TES MINAT EDWARDS PERSONAL PREFERENCE SCHEDULE 

Petunjuk:
Pilihlah salah satu jawaban yang sesuai dengan karakater Anda

1.      A. Saya suka menolong teman-teman saya, bila mereka berada dalam kesulitan.
B. Saya akan melakukan pekerjaan apa saja sebaik mungkin.

2.      A. Saya akan mengetahui bagaimana pandangan orang-orang besar mengenai berbagai masalah yang menarik perhatian saya
B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan, jabatan atau bidang khusus.

3.      A. Saya ingin agar setiap pekerjaan tulisan saya teliti, rapi dan tersusun dengan baik.
B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan, jabatan atau bidang khusus.

4.      A. Saya suka menceritakan cerita-cerita lucu dan lelucon-lelucon diwaktu pesta
B.  Saya ingin menulis roman atau sandiwara yang hebat.

5.      A. Saya ingin dapat berbuat sekehendak hati saya.
B. Saya ingin bisa mengatakan bahwa saya telah melakukan dengan baik suatu pekerjaan yang sulit.

6.      A. Saya ingin dapat menyelesaikan teka-teki dan persoalan-persoalan yang sukar bagi orang lain.
B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa saja yang diharapkan orang dari diri saya.

7.      A. Saya ingin mengalami hal-hal yang baru dan perubahan-perubahan dalam kehidupan saya sehari-hari.
B. Saya suka menyatakan kepada atasan saya, bahwa mereka telah melakukan suatu pekerjaan dengan baik, bila memang demikian halnya, menurut pendapat saya.

8.      A. Saya suka merencanakan dan mengatur detail-detail dari setiap pekerjaan yang harus saya lakukan.
B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa saja yang diharapkan orang dari diri saya.

9.      A. Saya ingin orang-orang memperhatikan dan memberikan komentar mengenai penampilan saya dimuka umum.
B. Saya suka membaca riwayat hidup orang-orang besar.

10.  A. Saya suka mengelakkan keadaan-keadaan dimana saya diharapkan akan berlaku secara konvensional (kebiasaan umum)
B. Saya suka membaca riwayat hidup orang-orang besar

11.  A. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan, jabatan atau bidang khusus.
B. Saya ingin agar pekerjaan saya diatur dan direncanakan sebelum dimulai.

12.  A. Saya ingin mengetahui bagaimana pandangan orang-orang besar/ahli mengenai berbagai masalah yang menarik perhatian saya.
B. Seandainya saya harus bepergian, saya ingin agar segala sesuatunya telah direncanakan terlebih dahulu.

13.  A. Saya ingin mengerjakan sampai selesai setiap pekerjaan ataupun tugas yang telah saya mulai.
B. Saya ingin barang-barang saya tersusun rapi dan teratur di atas meja atau di dalam ruang kerja

14.  A. Saya suka bercerita kepada orang lain tentang petualangan saya dan hal-hal aneh yang pernah saya alami.
B. Saya suka makan teratur dan ada waktu-waktu tertentu untuk makan.

15.  A. Saya ingin tidak tergantung dari orang lain dalam menentukan apa yang akan saya lakukan.
B. Saya ingin barang-barang saya tersusun rapi dan teratur di atas meja atau di dalam ruang kerja saya.

16.  A. Saya ingin mengerjakan segala sesuatu lebih baik daripada orang-orang lain.
B. Saya suka menceritakan cerita-cerita lucu dan lelucon-lelucon waktu pesta.

17.  A. Saya suka mengikuti adat istiadat dan menghindari melakukan hal-hal yang mungkin dianggap tidak wajar oleh orang-orang yang saya hormati.
B. Saya suka berbicara tentang hal-hal yang telah saya capai.

18.  A. Saya ingin agar hidup saya teratur sedemikian rupa sehingga berjalan lancar tanpa banyak perubahan-perubahan dalam rencana saya.
B. Saya suka bercerita kepada orang lain tentang petualangan saya dan hal-hal aneh yang pernah saya alami.

19.  A. Saya suka membaca buku-buku atau sandiwara-sandiwara yang terutama berkisar tentang perjuangan.
B. Saya suka menjadi pusat perhatian dalam suatu kelompok.

20.  A. Saya suka mengecam orang-orang yang mempunyai kedudukan sebagai yang berwenang.
B. Saya suka menggunakan kata-kata yang maknanya seringkali tidak diketahui oleh orang lain.



Demikian contoh soal psikotes kepribadian  yang kami bisa berikan dari bimbel online polisi. jika kamu ingin mendapatkan soal psikotes lengkap dari bimbel online polisi silahkan konfirmasi ke team bimbel polisi

Load disqus comments
Comments
0 Comments

0 komentar