Monday, September 18, 2023

CONTOH SOAL TES KOMPETENSI MANAGERIAL SEKOLAH INSPEKTUR POLISI (SIP)

 CONTOH SOAL TES KOMPETENSI MANAGERIAL SIP POLRI

Setiap tahunnya Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali membuka seleksi Sekolah Inspektur Polisi  ( SIP ) bagi anggota Polri yang berpangkat serendah-rendahnya Brigadir Polisi Kepala ( BRIPKA ) untuk di didik dan di bentuk menjadi perwira Polri yang di pusatkan di Sekolah Pembentukan Perwira ( SETUKPA ) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri  Sukabumi Jawa Barat.  Setelah lulus dari tes psikotes akan lanjut untuk tes kompetensi manajerial. Tes TKM ini untuk mengukur kemampuan kepimpinan  seorang calon perwira pertama.


SOAL TES KOMPETENSI MANAGERIAL SIP

1.         Anda adalah Danton Dalmas pada Sat Sabhara Polres Amanah. Anda mendapatkan tugas untuk melaksanakan pengamanan Pilkades di pulau−pulau terpencil, terluar dan terisolir pada Polsek Amanah, anggota yang ikut bertugas bersama Anda sangat terbatas. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi seperti ini?

A.        Saya menjalin hubungan baik dengan seluruh pemangku kepentingan dalam kegiatan Pilkades dan melakukan observasi tentang titik−titik kerawanan dan melibatkan personil Polsek dan masyarakat agar lebih proaktif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif saat Pilkades berlangsung

B.         Saya bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh−tokoh masyarakat desa berusaha menjalin komunikasi yang baik, terutama pada saat ada acara adat di desa sambil mengupayakan penciptaan situasi yang kondusif pada saat Pilkades

C.         Saya akan berkoordinasi dengan Satpolair Polres Amanah untuk mendapatkan dukungan sarana transportasi ke desa−desa lersebut.

D.        Saya berkoordinasi dengan Kabagops, Kapolsek, Kasatpolair dan terlibat dalam grup WA pengamanan Pilkades di Polxxx Amanah sehingga mendapatkan informasi yang akurat tentang perkembangan keamanan pada saat Pilkades dan cepat & tepat mengambil langkah−langkah taktis pada saat terjadi eskalasi keamanan

E.         Saya akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas di wilayah desa−desa tarsebut dalam upaya mengamankan Pilkades secara bersama−sama

 

2.         Anda adalah Kanit Dikyasa Satlantas Polres Amanah. Berdasarkan data Diklantas Polda Bhayangkara tercatat angka kecelakaan tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya, dengan tingkat fatalitas korban meninggal dunia berada pada urutan pertama. Apa yang Anda pikirkan dan akan Anda lakukan?

A.        Perlu upaya nyata untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban laka lantas. Hal ini untuk maningkatkan citra Polres di Polda.

B.        Mengintegrasikan seluruh sumber daya dalam Forum Lalu Lintas, untuk bersama−sama merealisasikan program keselamatan di jalan raya.

C.        Memastikan kontinuitas dari penerapan seluruh program aksi nyata keselamatan di jalan raya, sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban meninggal dunia.

         D.        Menyusun rencana yang melibatkan banyak pihak terkait, seperti seluruh unit kerja terkait              di     polres, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum. Melakukan                        sosialisasi    secara masif dan terpadu pada berbagai elemen masyarakat yang berisiko                 mengalami   kecelakaan lalu lintas


E.         Melakukan analisis lebih mendalam tentang data yang ada untuk mengetahui lebih detail mengenai penyebab kecelakaan, lokasi kecelakaan, kendaraan yang terlibat, usia korban dan waktu kejadian.

 

3.         Anda adalah Patun di SPN Polda dengan tugas tambahan memberikan pelatihan pendidikan Kejuruan spesialisasi sesuai dengan fungsi teknis yang menjadi program Polda. Anda menyadari bahwa materi−materi pelatihan sudah tidak update lagi dengan tantangan jaman sekarang, seperti pelatihan cybercrime yang mengacu kepada situasi di era belum ramainya electronic commerce (perdagangan online). apa yang Anda pikirkan dan akan anda lakukan agar materi pelatihan sesuai dengan jamannya?

A.        Saya mencoba mengaplikasikan teori−teori yang saya pelajari dari rekan−rekan Ditreskrimsus dan dosen TI dalam praktek nyata dengan menggunakan sarana yang memadai. Saya mohon waktu kepada pimpinan SPN untuk melaksanakan praktek penanganan kasus cybercrime agar pada saat memaparkan di hadapan siswa, saya bisa menjelaskan dengan detail

B.         Saya menyusun silabus yang mengintegrasikan teori di kelas, praktek di lapangan dan mengundang narasumber penyidik yang berpengalaman dalam menangani cybercrime

C.         saya memahami bahwa materi cybercrime harus menyesuaikan dengan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Saya berusaha mencari literatur yang sesuai dengan perkembangan kasus− kasus cybercrime yang ditangani oleh Polri

D.        Saya mengajak diskusi rekan−rekan yang berdinas di Ditreskrimsus Polda agar semakin memahami permasalahan cybercrime yang berkembang sampai saat ini. Saya berkoordinasi dengan dengan dosen−dosen yang saya kenal di Fakultas Teknologi Informasi tentang perkembangan ilmu TI

E.         Saya memastikan bahwa program pengajaran cybercrime lebih tepat sasaran dengan berkoordinasi dengan Bagjarlat agar menyiapkan sarana yang memadai, silabus yang sesuai dengan target pengajaran, narasumber yang ahli dan feedback dari peserta didik.

 

4.         Sebagai Kanit Reskrim Polsek Siaga, terdapat tunggakan kasus tahun lalu sebanyak 70 kasus dan tahun ini tardapat 40 kasus sampai di bulan Pebruari 2019. Penyelesain tersebut menjadi tanggungjawab Anda, Target penyelesaian kasus Anda adalah 30 perkara dalam satu tahun. Apa yang Anda lakukan dalam kondisi tersebut?

A.        Menggali Informasi tentang jenis kasus apa saja yang masuk, pihak yang terlibat dalam kasus tersebut, Jumlah anggota unit yang dapat dilibatkan dan kemampuan teknis anggota

B.         Memilah−milah kasus tersebut, apakah merupakan tindak pidana atau perkara perdata, kemudian ditentukan kasus yang perlu ditangani segera atau dilimpankan ke unit kerja lainnya.

C.         Melakukan langkah antisipatif agar anggota unit Reskrim lebih cermat dan lebih selektif dalam menerima laporan dari masyarakat.

D.        lni adalah masalah, karena banyaknya kasus yang masuk dari masyarakat setiap tahunnya dan tidak tertangani hingga mengurangi kepercayaan masyarakat.

E.         Fokus pada penanganan kasus yang relevan dan merupakan kewenangan pada unit Reskrim Polsek saja.


5.         Anda adalah Kanit  Patroli Sat Sabhara Polres Amanah. Anda akan melakukan patroli rutin dengan sasaran pasar kaget di alun−alun kota Hastina pada hari Minggu pagi. Berdasarkan data gangguan kamtibmas. pekan lalu terjadi kasus pencopetan yang menyebabkan terjadi tindakan main hakim sendiri oleh warga sehingga pelaku meninggal dunia. Pimpinan menginstruksikan agar hal tersebut tidak terjadi kembali. Yang saya lakukan:

A.        Mengkoordinasikan dan mengkolaborasikan dengan berbagai pihak dan strategi pengamanan berbasis pengetahuan area pasar kaget untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang ada guna mengantisipasi munculnya tindak kejahatan di area pasar kaget.

B.         Menyadari adanya keterbatasan personil, luasnya area pasar kaget dan adanya berbagai kepentingan yang terlibat pada penyelenggaraan pasar kaget tersebut menjadi aspek−aspek yang harus dipertimbangkan.

C.         Menyadari bahwa keamanan area pasar kaget sangat rawan dengan melakukan kegiatan melalui sinergi dengan satpol PP dari unsur Pemda setempat dan unsur keamanan dari masyarakat setempat.

D.        Mempelajari potensi−potensi tindak kejahatan di tempat keramaian, yang dapat saja berupa pencopetan, keributan, anak hilang, curanmor dan premanisme di lingkungan tersebut

E.         Mengantisipasi berulangnya kejadian tersebut, karena tugas patroli adalah melakukan upaya pencegahan kejahatan. Kejadian main hakim sendiri terhadap pelaku kejahatan menunjukkan bahwa program patroli belum optimal.

 

          6.    Anda adalah Kanit Sabhara Polsek  Siaga. Pada hari jumat anda diminta oleh Kapolsek                          untuk mengadakan patrol ke masjid−masjid. Pada saat anda melaksanakan patrol ke salah       satu             masjid anda melaksanakan shalat jumat bersama warga, kemudian dilanjutkan dengan shalat             jenazah salah satu warga yang meninggal dunia pagi tadi. Setelah shalat jenazah selesai, kemudian         jenazah akan diberangkatkan ke kuburan desa, Apa yang anda pikirkan dan lakukan saat itu ?

A.        Saya berdiskusi dengan pengurus masjid, tokoh masyarakat, keluarga jenazah untuk mekanisme pengawalan Jenazah hingga ke liang lahat agar agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas dan menghambat pengguna jalan lainnya. Saya melibatkan juga tokoh−tokoh pemuda desa demi lancarnya kegiatan ini.

B.         Saya memastikan bahwa proses pengawalan terhadap rombongan jenazah berjalan dengan aman dan lancar. Saya menghubungi Bhabinkamtibmas dan anggota patroli untuk turut membantu proses pengawalan jenazah tersebut.

C.         Saya berinisiatif menawarkan kepada pengurus masjid dan keluarga jenazah untuk memberikan pengawalan hingga ke kuburan desa.

D.        Saya memberikan nomor telepon kantor dan nomor HP saya apabila diperlukan dalam kegiatan kemasyarakatan di desa tersebut. Saya memastikan bahwa seluruh anggota unit sabhara memberikan pelayanan terbaik bagi lingkungan masjid dan warga desa tersebut.

E.         Saya menanyakan kepada keluarga jenazah, berapa orang yang ikut mengantarkan jenazah, menggunakan kendaraan apa dan apakah ada keluarga yang menanti di kuburan. Kemudian saya melakukan pengawalan jenazah.

 

     7.         Anda adalah Kasium Polres Amanah. Setiap hari ada banyak tumpukan dokumen di ruang Kerja anda untuk diserahkan kepada Kapolres dan didistribusikan kembali kepada seluruh unit kerja. Seringkali anda menerima komplain dari Kasat/Kabag berkaitan dengan kelambatan penandatanganan dokumen tersebut baik oleh Kapolres atau Wakapolres. anda sudah menyampaikan karena Kapolres sering di luar kantor dalam rangka mengendalikan situasi menjelang pemungutan suara dalam Pilpres tahun ini. apa yang anda pikirkan dan anda lakukan agar permasalahan ini bisa diselesaikan ?

A.        Saya menyarankan dibangun sistem elektronik / aplikasi elektronik dalam pengiriman surat−surat; Kapolres / Wakapolres langsung mempelajari dokumen itu melalui gagdet− nya dan memberikan otorisasi dalam bentuk petunjuk dan arahan. Bila berkaitan dengan tandatangan, saya memberikan saran agar tetap dengan ditandangani secara faktual tidak discan karena berkaitan dengan surat−surat resmi ke instansi lain.

B.        Memahami keluhan−keluhan dari staf Polres lainnya dan berupaya berkoordinasi dengan spri Kapolres/Wakapolres agar mempercepat proses penandatanganan dokumen−dokumen tersebut.

C.         Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh staf Polres yang telah mendukung upaya perbaikan dalam tata laksana persuratan dengan sistem elektronik dan manual sesuai dengan urgensi surat− surat tersebut.

D.        Saya meminta saran kepada pejabat Polres apakah mau diantar sendiri dokumennya atau melalui spri, saya menyarankan bila penting dan mendesak agar langsung ....

E.         Saya akan berbicara dengan KapolresWakapolres tentang keberadaan beliau saat melaksanakan tugas di luar kantor. Saya akan mengantarkan sendiri surat−surat yang penting dan mendesak dan memastikan beliau menandatangani dokumen−dokumen tersebut. Saya berusaha mempercepat prosesnya.

 

8.         Anda adalah Kanit Laka Satlantas Polres Amanah. Telah terjadi kecelakaan lalulintas yang melibatkan pengendara mobil dan pengendara motor, dimana pengendara motor harus dirawat di rumah sakit dengan kondisi kaki diamputasi. Korban pengendara motor menyampaikan permohonan agar dibantu proses pengobatannya. Apa yang Anda pikirkan dan lakukan?

A.        Meneruskan informasi yang didapat dari pihak asuransi PT Jasa Raharja kepada korban pengendara motor dan melaporkan pada pimpinan.

B.        Mengusulkan pada pimpinan agar memberikan bantuan pada korban misalnya dalam bentuk kaki palsu, dengan memanfaatkan hubungan kemitraan dengan instansi lain.

C.        Menginformasikan bahwa hal ini akan diproses sesuai ketentuan dan akan meneruskan ke pihak asuransi PT Jasa Raharja

D.        Memonitor proses kepengurusan hal tersebut pada pihak asuransi PT Jasa Raharja mengingat kondisi korban sedang dirawat di rumah sakit.

E.         Mengurus proses asuransi PT Jasa Raharja dan melibatkan korban laka tersebut sebagai narasumber dalam sosialisasi keselamatan lalu lintas di jalan raya.


9.         Anda adalah seorang Kanit Pamobvit Satsabhara Polres Amanah yang baru menjabat selama satu minggu. Seminggu sebelum Anda menjabat, anggota Pamobvit yang mengawal pengamanan mobil jasa pengantar uang diduga melakukan perampokan dan sekarang masih menjadi DPO. Apa yang Anda pikirkan dan akan Anda lakukan?

A.        Saya akan melakukan pengecekan dan mengontrol anggota yang melaksanakan pengamanan di obyek vital terutama perbankan

B.        Saya akan menugaskan anggota yang melaksanakan tugas pengawalan bank minimal dua orang dan dílengkapi sarana komunikasi GPS

C.        Menugaskan anggota pada tugas pengamanan obyek vital dan pengawalan jasa pengantar uang sesuai dengan kompetensi

D.        saya akan memberikan reward kepada anggota yang berprestasi dalam melaksanakan tugasnya dengan baik agar menjadi contoh bagi rekan−rekannya yang lain

E.         Saya akan memperbaiki SOP pengamanan dan pengawalan obyek vital sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan

 

10.     Anda adalah Kanit Sat Intelkam PolresAmanah. Polres anda berdekatan dengan bandara dan melayani tamu−tamu yang tiba dari Jakarta Anda mendapatkan tugas sebagai LO Bandara untuk melayani tamu−tamu Polda untuk mendapatkan akses pelayanan di ruang VIP Sedangkan tiket pesawat tamu tersebut pada umumnya adalah penerbangan ekonomi. Apa yang Anda pikirkan dan lakukan dengan kondisi tersebut ?

A.        Pelayanan kepada para tamu merupakan tantangan tersendiri bagi saya sebagai LO Bandara. Dengan ketiadaan anggaran dinas namun kehendak memberikan pelayanan bagi para tamu merupakan suatu masalah yang harus saya atasi demi pelayanan yang baik

B.         Saya melakukan klarifikasi kepada Kasat intelkam tentang urgensi pelayanan tamu tersebut, apakah berkaitan dengan pelaksanaan tugas kedinasan atau kegiatan pribadi

C.        Saya melakukan klarifikasi dengan pemberi perintah Pelayanan VIP tersebut, apakah telah dianggarkan dalam kegiatan dinas/kunjungan kerja atau dibebankan kepada Tamu itu sendiri. Saya menjelaskan hal tersebut kepada pengelola ruang VIP di bandara.

D.        Saya memahami bahwa unsur pelayanan kepada tamu adalah tingkat kepuasan tamu terhadap pelayanan dari tuan rumah. Namun hal ini harus sesuai dengan tingkat kepentingan dinas dan adanya dukungan anggaran kegiatan serta tidak membebani pelaksana kegiatan di Bandara.

E.         Pelayanan kepada para tamu di bandara perlu ditinjau kembali, karena hal tersebut tidak termasuk dalam rencana kegiatan rutin yang sudah ada anggaran dinasnya, Andaikata merupakan suatu kagiatan kedinasan/protokoler, maka perlu disusun SOP dan pelaksana kegiatan agar sesuai dengan ketentuan.

 

Bagi rekan-rekan anggota polri yang ingin bergabung kelas khusus bimbel Psikotes atau TKM SIP bisa menghubungi admin https://wa.me/+62811973801


Load disqus comments
Comments
0 Comments

0 komentar